Mengenali "Class" pada Memory Card

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Berbagai macam Memory
Mengenali "Class" pada Memory Card - Di kalangan masyarakat pasti telah memiliki kartu memori untuk keperluan sehari-hari pada handphone atau gadget mereka. Bagaimana tidak, banyak pasti orang narsis seperti suka foto-foto, merekam sebuah video (apalagi video tersebut memiliki kualitas High Definition), penggila games, dan lain-lain.

Banyak mitos-mitos yang beredar di sekitar dunia kartu memori. Beberapa diantaranya adalah:
1. Semakin besar kapasitas kartu memori akan semakin lambat kinerja gadget.
2. Semua merek kartu memori sama saja kualitasnya.
3. Kartu memori pada gadget Android tidak bisa menampung file sistem ataupun aplikasi.

Kali ini, saya akan membahas mitos yang pertama. Ya, mitos ini banyak beredar di kalangan pengguna gadget awam maupun para pedagang gadget. Padahal, tidak ada korelasi antara kecepatan membaca/menulis dengan kapasitas dari sebuah kartu memori. Jika memang sebuah kartu memori tidak kompatibel dengan sebuah gadget, maka hal yang terjadi adalah kartu memori tersebut tidak akan terbaca. Lalu apa yang mempengaruhi? Di dalam kartu memori, ada istilah yang dinamakan dengan Class.

Coba kamu lihat saja bagian memori yang kamu pakai di gadget kamu, pasti terdapat huruf C beserta angka ditengahnya. Itu merupakan tanda memory itu memiliki class dan jika tidak dicantumkan berarti tidak memiliki class sama sekali. Class adalah untuk mengetahui kecepatan baca/tulis pada memori, ada beberapa jenis class yaitu dari Class 2, Class 4, Class 6, Class 10, dan Class UHS-1 (Ultra High Speed) :

Class 2
Memory Class 2
 Memori ini memiliki kecepatan sangat minimal yaitu 2 MB/detik saja dan memori kelas paling bawah. Ini menjawab mitos pertama tadi, logikanya benar jika kamu menyimpan sebuah foto atau video dalam jumlah banyak di memori kelas ini, pasti pembacaan sangatlah lambat. Jadi, kamu jangan berharap banyak untuk medapatkan kecepatan maksimal dari memori kelas ini.






Class 4
Memory Class 4
 Memori pada kelas ini memiliki kecepatan yang bisa dibilang lumayan, yaitu 4 MB/detik. Tapi sayangnya memory ini bisa dibilang sangat langka dipasaran.









Class 6
Memory Class 6
 Memori ini memiliki kecepatan 6 MB/detik. Dan memori ini juga sangat jarang dijumpai dipasaran, tetapi tidak seperti kelas 4. Namun memori ini memiliki kecepatan yang tanggung






 Class 10
Memory Class 10
Memori ini memiliki kecepatan 10 MB/detik. Nah ini adalah sweetspot dari kartu memori. Memori kelas ini tidak sulit ditemukan di pasaran dan harga tidak jauh berbeda dengan memori kelas bawahnya. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan memory kelas ini untuk mendapatkan kecepatan baca/tulis yang Optimal.




 Class 10 UHS-1
Memory Class 10 UHS-1

 Memory ini adalah kembaran dari memori class 10,mengapa dibilang UHS? UHS adalah kepanjangan dari Ultra high Speed. Jangan remehkan memori jenis ini karena memiliki kecepatan hingga 45 MB/detik, tidak seperti class 10 hanya sekitar 30 MB/detik. Bahkan, beberapa produsen mengklaim memiliki variasi kecepatan baca/tulis hingga 90 MB/detik. Sungguh cepat bukan? Tapi kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena memory jenis ini lumayan bisa dibilang agak mahal. Namun dari kemahalannya, kamu sudah mendapatkan kecepatan yang sangat luar biasa.

Nah itulah artikel Mengenali "Class" pada Memory Card untuk gadget. Bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan memori yang akan kamu miliki nantinya untuk gadget kamu? Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat. :)

~Inspired from Here :)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Mengenali "Class" pada Memory Card"

Post a Comment

Komentar yang mengandung "Link Aktif, Out Of Topic, Tidak Sopan, Berkata Kasar" akan saya hapus untuk menghindari SPAM.

Ingat! Budayakan membaca sebelum berkomentar.