Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang - Dari sekian banyak pembaca blog ini Pasti pernah kan mengalami Komputernya Hang ketika sedang bekerja , membuka dokumen atau menjalankan aplikasi lainnya. Mungkin di antara kalian jika terjadi Komputer Hang Pasti menekan tombol CTRL+ALT+DEL untuk membuka jendela Task Manager dan memilih aplikasi yang Not Responding dan menutupnya secara paksa dengan menekan tombol End Task.


Komputer Hang


Namun apabila komputer mengalami hang atau macet total, satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mereset komputer secara paksa (hard reset-dengan menekan tombol restart atau tombol power) dan menyalakannya kembali.
Cara mengatasi komputer hang dengan merestart komputer tersebut biasanya cukup ampuh untuk mengatasi komputer hang yang disebabkan oleh aplikasi yang not responding, jika beberapa saat komputer dijalankan menjadi hang kembali, maka kemungkinan besar beberapa penyebabnya adalah seperti dibawah ini :
1. Komputer Hang karena CPU kepanasan (overheating)
Overheating



CPU kepanasan juga berpengaruh pada Hang nya komputer tersebut. karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :

  • Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, jika fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  • Perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
2. Komputer hang karena masalah pada hardisk

Masalah pada hardisk


Ada beberapa masalah pada hardisk yang menyebabkan komputer hang, diantaranya :

  • Kapasitas Hardisk Low Space.
  • Untuk mengatasinya kita jalankan dulu Disk CleanUp/CCleaner untuk membersihkan hardisk dari file-file temporary atau file sampah.
  • Data pada Hardisk terpragmentasi sehingga perlu di defrag.
  • Hardisk Bad Sector.
3. Komputer hang karena VGA Card rusak

VGA Rusak

Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami, kondisi komputer tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah diselidiki ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.

4. Komputer hang karena masalah Memori.

Hang Karena masalah memory


Memori (RAM) yang rusak atau kapasitas memori yang kurang sering juga menjadi faktor komputer menjadi hang. Periksalah kembali memori aktual yang terpasang dengan kapasitas memori yang terbaca oleh komputer, sebab ada kalanya kita memasang beberapa keping memori tetapi yang terbaca hanya satu keping saja. Beberapa memori yang digunakan tetapi tidak identik (sama tipe dan kapasitasnya) bukannya malah mempercepat komputer tetapi malah memperlambat dan membuat hang komputer Anda.


5. Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya

kurangnya daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.

6. Komputer hang karena adanya Virus komputer

Virus

Aktifitas dari virus yang memakan banyak resource komputer sering menyebabkan komputer melambat bahkan menjadi hang. Cara ampuh untuk membersihkan komputer dari virus adalah dengan booting komputer dan pilih safe mode, lalu scan komputer dengan antivirus scanner seperti malwarebytes, norman malware scanner, trend micro system cleaner atau dengan menggunakan Antivirus Live CD Untuk panduan pembersihan virus secara total bisadibaca pada ebook "Complete Malware Recovery Guide.

7. Komputer hang karena driver yang tidak cocok

Driver hardware yang tidak cocok dengan hardware yang terpasang atau driver yang tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan bisa menyebabkan komputer hang atau bahkan komputer bluescreen. Untuk mengetahui driver yang harus diinstall kita bisa menggunakan Driver Easy atau menggunakan DVD DriverPack Solution.

source : catatanteknisi 

Sekian dulu posting gue mengenai Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang Semoga bermanfaat !

4 Responses to "Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang"

  1. kalo di Laptop gimana. gak mungkin bongkar2 kan.
    sama itu notif gambar spongebob kenya malah mengganggu

    ReplyDelete
  2. menarik nih, gak rugi udah mampir baca.
    thx gan

    ReplyDelete
  3. gan,,kalo komputer sering tiba2 mati,,apa masalahnya ya??

    ReplyDelete
  4. I have been using AVG Anti virus for a couple of years now, I'd recommend this Anti virus to everybody.

    ReplyDelete

Komentar yang mengandung "Link Aktif, Out Of Topic, Tidak Sopan, Berkata Kasar" akan saya hapus untuk menghindari SPAM.

Ingat! Budayakan membaca sebelum berkomentar.